DailyAza

Resep Ikan Bakar Sambal Matah Simple – ResepKamiAja

Ikan Bakar Sambal Matah: Kelezatan Ikan Bakar dengan Sambal Segar yang Menggoda

Resep Ikan Bakar sambal matah
Sumber: Dcost


Pernahkah kamu mencoba hidangan ikan bakar sambal matah? Rasanya yang kaya akan rasa segar dan pedasnya sambal matah dapat membangkitkan selera makanmu. Ikan yang dipanggang dengan sempurna dan disajikan dengan sambal segar, memberikan pengalaman kuliner yang menggugah selera. Jika kamu tertarik untuk mencoba hidangan yang lezat ini, berikut adalah resep ikan bakar sambal matah yang bisa kamu ikuti.


Bahan-bahan yang diperlukan:

- 1 ekor ikan (pilih ikan sesuai preferensimu, misalnya ikan kakap, ikan nila, atau ikan gurame)

- 5 batang serai, memarkan

- 4 lembar daun jeruk purut

- 3 lembar daun salam

- 1 sendok makan air jeruk nipis

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh gula merah, serut halus

- Minyak goreng secukupnya


Bahan untuk sambal matah:

- 5 buah cabai rawit merah, iris tipis

- 3 siung bawang merah, iris tipis

- 2 siung bawang putih, iris tipis

- 2 batang serai, bagian putihnya, iris tipis

- 2 lembar daun jeruk purut, iris tipis

- 1 sendok makan air jeruk nipis

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh gula pasir



Langkah-langkah memasak ikan bakar sambal matah:


1. Pertama, siapkan ikan yang sudah dibersihkan. Buat beberapa irisan pada sisi ikan untuk membantu meresapnya bumbu dan membuat ikan matang secara merata. Kemudian, lumuri ikan dengan air jeruk nipis, garam, dan gula merah. Diamkan selama sekitar 15-20 menit agar bumbu meresap.


2. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan. Goreng ikan dengan api sedang hingga matang sempurna dan berwarna kecokelatan di kedua sisinya. Pastikan ikan benar-benar matang dan renyah di luar, tetapi tetap lembut dan juicy di dalam. Angkat ikan dan tiriskan dari minyak.


3. Untuk membuat sambal matah, campurkan cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk purut, air jeruk nipis, garam, dan gula pasir dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga bumbu tercampur dengan baik dan berikan rasa yang segar dan pedas.


4. Sajikan ikan bakar dengan sambal matah di atas piring saji. Taburkan irisan daun jeruk purut, daun salam, dan serai yang telah dimarkan di atas ikan sebagai hiasan dan memberikan aroma yang lezat.


5. Hidangan ikan bakar sambal matah siap disantap. Nikmati kelezatan ikan bakar yang dipadukan dengan sambal matah segar yang memberikan sensasi pedas dan segar di setiap gigitannya. Sajikan bersama dengan nasi hangat dan sayuran segar sebagai pelengkapnya.

Sumber: Facebook


Resep ikan bakar sambal matah menawarkan kelezatan ikan bakar yang dipadukan dengan sambal segar yang menggugah selera. Dengan langkah-langkah yang sederhana, kamu dapat membuat hidangan ini di rumah.

Kombinasi ikan yang dipanggang dengan sempurna dan rasa segar dari sambal matah menciptakan harmoni rasa yang tak terlupakan. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan ikan bakar sambal matah bersama keluarga dan teman-temanmu!

Posting Komentar untuk "Resep Ikan Bakar Sambal Matah Simple – ResepKamiAja"